Monday, October 13, 2008

Trip to the Roundup, Fredericksburg

Sabtu, 27 September 2008 lalu di Fredericksburg, TX ada fair tahunan untuk mempromosikan renewable energy, ramah lingkungan kalo indo nya. Walaupun kebanyakkan dari pengunjungnya itu sudah serius dengan tawaran harga atau membangun kerjasama perusahaan, ya, saya bersama dua teman datang hanya bermodal keingintahuan. Lucu juga, sepanjang rute setapak itu kami hanya bisa ber-wah noraq melihat uniknya alat2.

Banyak banget alat yang sempat kami lihat disitu, mulai dari gentong gede tanah liat untuk nampung air hujan sampai versi mininya mesin proses biofuel. Untuk sekedar info, biofuel siap pakai sekarang udah bisa di pesan online dan di ship pakai usps loh. Salah satu alat yang menarik disitu, engga jauh dari pintu masuk fair, buat kami sempet berdiri lama di stand nya. Stand itu melayani pemasangan toilet tanpa air, tanpa listrik, dan tanpa bahan kimia apapun. Menarik bukan? Kita sempet heran ketika dijelaskan cara kerjanya. Pertama, toilet itu bisa memisahkan kotoran cairan dan yang padat. Sementara yang cair ditampung didasar toilet, yang padat ditampung di tray diatasnya. Dengan mengandalkan siklus udara panas dan bakteri penghancur, akhirnya semua kotoran itu bakal mengering dengan sendirinya tanpa bekas, apalagi bau. Gitu deh singkatnya. Bagi diantara teman2 ada yang berminat memesan, silakan kontak langsung.

Disitu juga ada satu alat yang imoet, pompa fountain tenaga angin. Hampir kita pesan satu, tapi menengok harga nya, ga jadi deh. Ya maklum, teknologi ramah lingkungan masih tergolong mahal. Yang kecil aja masih ga suan, apalagi, kalo untuk teknologi nya sampai bisa menghasilkan power dengan kekuatan yang sama dengan sumber energi yang udah ada (contoh: minyak, gas, batubara). "Walaupun keuntungannya engga kita rasakan dalam waktu dekat, ini demi kebaikkan anak cucu kita juga" begitu salah satu argumen kelompok aktifis lingkungan hidup yang hadir disana. Yep, dari para kelompok aktifis itu kami juga peroleh informasi yang lom pernah kami dengar, seperti detailnya keuntungan dan kerugian pembangkit listrik tenaga nuklir. PLTN yang kabar nya bisa merubah semua senyawa radioaktif menjadi energi dengan zero waste, ternyata itu buat-buatan saja. Mereka juga jelaskan tentang ancaman rencana menambah 2 unit reaktor nuklir di Texas ini. Proyek dua reaktor yang diharapkan bisa menghasilkan total 2600 MW akan dimulai di awal tahun 2010. Mereka juga menyerukan kalo untuk konteks Texas dengan potensinya yang unik dengan dataran nya yang luas, sumber daya pertanian, dan teriknya matahari, ada beberapa energi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Tenaga angin, matahari, dan biomass termasuk dalam pilihan mereka.

Ketika pintu keluar fair sudah keliatan, sebelum kami melihat2 freebies posters, tas belanja, dll, kami di berikan lembaran checklist berisi tips2 untuk berhemat energi. Begini beberapa isinya:

  • Pakai alat2 rumah tangga yang ada logo Energy Star nya.
  • Selalu ganti AC filters kalo udah kotor.
  • Matikan lampu dan alat2 eletronik lainnya ketika selesai pakai.
  • Mandi shower dan bukan berendam.
  • Pertimbangkan untuk pakai laptop dan bukan desktop.
  • Set ke sleep mode ketika komputer tidak dipakai.
  • Pertimbangkan untuk ganti ke lampu hemat energi (neon).
  • Pisahkan sampah botol plastik, plastik, kertas dan yang biasa.
Sekian laporan saya dan terima kasih.

3 comments:

Anonymous said...

Wah Fung, menarik banget tuh tempat beolnya.
Hmmm...itu oke sih kalau beolnya lancar2 aja kalao ndak wah.. tetap aja perlu pake aer.

Thx for the sharing.

Anonymous said...

hahaha aduh.. komennya grafik banget ya.. tapi itu toilet beneran bolong loh, jadi unlike regular ones, tempat jatohnya ga melengkung2, pokoknya beneran silinder doang, jadi pasti nyemplung ke bawah.

hahaha enough about that. Kayanya selain biomass, wind and solar, yang hot juga adalah geothermal. Dan Indo itu penghasil geothermal yang gede loh (dan lagi dimanfaatkan sama Chevron).

Handi Chandra said...

Hahaha, komen2 nya menjurus nih, nanti ip kita kena ban mbak moderator loh. =p

Chevron yang buka di Salak itu ya? haiz, cagar alam dijadiin tempat cari untung.