Wednesday, September 17, 2008

FAQ: Studi di Austin

Ini menjawab e-mail yang masuk untuk KopiSusu...

1. Untuk kuliah ambil bachelor degree di UT Austin berapa lama normal kuliahnya ?

Vidia: Biasanya untuk jangka waktu yang normal (tidak ngaret dan tidak juga jenius) dibutuhkan 4 tahun. Jangka waktu 4 tahun ini juga yang kebanyakan diprediksi oleh departmen-departmen di UT karena mereka memberikan "suggested course to take for every semester" dan menyusunnya untuk dapat diselesaikan dalam 4 tahun. Nah, itu kalau kita langsung masuk ke UT dan normal-normal saja.

Kalau masuk ke UT dan mau menghemat waktu, kita bisa mengambil yang namanya Advanced Placement untuk beberapa pelajaran. Biasanya ini untuk pelajaran2 dasar. Kalau kita lulus Advanced Placementnya dengan nilai OK, kita bisa dibebaskan dari mengambil pelajaran dasar tersebut. Jadi mungkin bisa menghemat sekitar 1 semester.

Kalau tidak mau masuk UT dulu, anak2 seringnya masuk ke community college (Austin Community College atau bisa di CC mana pun). Di sana, normalnya kita akan belajar untuk 3 sampai 4 semester, karena untuk transfer ke UT Austin, si pelajar membutuhkan setidaknya 30 credit. Setelah transfer, untuk lulus kira2 akan memakan waktu 2 tahun lagi, jadi kalau ditotal jumlahnya tetap sekitar 4 tahun.

2. Berapa uang kuliah per thn ?

Lisa: Biaya kuliahnya tergantung jurusan, tapi buat international students itu sekitar $14-15ribu

3. Berapa biaya hidup per bulan (utk sewa asrama, makan, beli buku, refreshing dgn gaya hidup yg sedang/sederhana)?

Lisa: Tempat tinggal: Kalo tinggal di dorm UT kalo ngga salah per taun (2 semester panjang) sekitar $7000. Sedangkan kalo pilih tinggal off-campus, biaya apartment itu antara $600-1200, tergantung jumlah kamar/kamar mandi dan lokasi apartmentnya.

Buku: Minimal $200, bisa bervariasi tergantung beli dimana. Biasanya beli online di website2 seperti Amazon.com atau Half.com bisa jauh lebi murah, atau juga bisa beli di website seperti www.TEXbooks.com. Di website itu kita beli langsung dari orang yang perna ambil kelasnya dulu, jadi harganya sering bisa miring banget. Disaranin jangan beli langsung di bookstorenya UT (namanya University Co-op), mereka kasi harga sering terlalu mahal.

Gede: hidup sebulan: $400 utk apt sebulan, $300 untuk makan sebulan, $200 - 500 untuk buku per semester, $100 - 300 untuk refreshment (depending on what you want to do) sebulan

4. Apa yang harus disiapkan sebelum berangkat kesana, test bahasa inggris , dan test lainnya dilakukan dimana ?


Lisa: Biasanya yang diperluin adalah score dari TOEFL dan SAT. Tergantung mao apply dimana. TOEFL itu yang uda pasti dibutuhin. Kalo SAT, ada beberapa universitas ngga perlu, juga kalo apply ke community college. Info tentang TOEFL bisa diliat di www.ets.org dan SAT di www.collegeboard.org. Selain itu harus apply student VISA di US Embassy. Ini bisa dilakuin kalo uda diterima sama universitasnya dan universitas itu ngeluarin dokumen imigrasi namanya I-20. Itu dokumen bukti kalo kita di US untuk belajar, bukan buat cari kerja ato tinggal di US.

Gede: Test bahasa inggris, SAT test dan visa untuk sekolah adalah tiga hal penting yang harus dilakukan sebelum ke Amerika.

5. Apakah sebaiknya ikut/masuk ke college dulu ( supaya murah), or langsung saja dan ikut pre-university (berapa lama ikut pre-university)

Lisa: Mungkin yang dimaksud sistem kaya di Australia ya? Di sini sistemnya ngga kaya gitu, kita ada namanya community college. BIasanya 3-4 semester di situ dan transfer ke universitas. College/university itu pilihan sih, dan tergantung budget juga. Klo memang siap untuk budget tinggi, klo bisa masuk ke university langsung lebi bagus.

6. Apakah ada bantuan untuk biaya kuliah ?

Lisa: Di UT sendiri jarang ada bantuan buat international students, bahkan beasiswa juga jarang. Yang biasa anak2 Indo lakukan adalah kerja 20 jam per minggu soalnya bisa qualify buat bayar in-state tuition (bisa 1/3 dari biaya international students)

Vidia: Untuk International student sebenarnya tidak banyak bantuan kuliah untuk Bachelor's Degree. Kalau Master's/Phd, itu lain lagi ceritanya karena lebih banyak scholarship, grant, fellowship, dll.

Nah, tapi ada beberapa cara untuk meringankan tuition fee. Kalau di UT, ada yang namanya "in-state tuition fee" yang bisa didapatkan oleh pelajar internasional dengan cara bekerja di kampus sebanyak 20 jam/minggu. Perkerjaan yang dilakukan biasanya harus berhubungan dengan jurusan yang diambil, tapi ada beberapa yang tetap memberi meskipun tidak terlalu berhubungan. Jenis perkerjaannya bisa research assistant, grader, menjaga computer lab, dll. Kalau mendapat pekerjaan ini, tuition fee kita dipotong, dan kita boleh membayar jumlah yang baisanya dibayar oleh Texas resident. Kira2 untuk international student di UT, 1 semester bisa 12000-13000. Sementara in-state tuition fee ini hanya 5000-an.

Cara kedua untuk mendapatkan in-state tuition fee adalah apabila kita memperoleh beasiswa yang berafiliasi dengan UT. Artinya, beasiswa itu diberikan oleh perusahaan2/organisasi2 ke UT, untuk disalurkan oleh UT ke pelajar2nya. Beasiswa yang didapat harus setidaknya $1000/tahun. Nah, kalau kita dapat itu, untuk setahun itu kita diijinkan untuk membayar sebesar in-state tuition fee.

Cara ketiga adalah mendaftar untuk financial aid melalui international office di UT. Applikasinya biasa dibuka per semester, dan kalau lolos kualifikasi mereka, tuition fee kita bisa dipotong sekitar 2000-an.

7. Apakah setelah lulus boleh langsung kerja di amerika, tidak pulang ke Indonesia ?

Gede: Tergantung major anda,kalau Science, Technology, Engineering, atau Mathematics, anda bisa bekerja dengan Optional Practical Training up to 29 months. Kalau major anda business, dll, Optional Practical Training anda hanya 12 months. If you dont get your F visa by then, then you do have to go back to Indonesia.

Vidia: Setelah lulus, kita diperbolehkan untuk kerja di Amerika selama 1-2 tahun dengan memakai OPT (Optional Practical Training). Dijangka waktu itu, bagi yang masih mau menetap di US, sangat diharapkan untuk mendapat visa H1 yang disponsori oleh perusahaan di mana dia bekerja. Dengan visa H1 ini, kita bisa terus bekerja di US untuk beberapa tahun. Tapi kalau tidak mendapat H1 visa, setelah masa OPT habis, kita harus kembali ke Indonesia, atau melanjutkan studi sehingga tetap menjadi penghuni legal di US dengan memakai Visa F1.
Setelah lulus, kita diperbolehkan untuk kerja di Amerika selama 1-2 tahun dengan memakai OPT (Optional Practical Training). Dijangka waktu itu, bagi yang masih mau menetap di US, sangat diharapkan untuk mendapat visa H1 yang disponsori oleh perusahaan di mana dia bekerja. Dengan visa H1 ini, kita bisa terus bekerja di US untuk beberapa tahun. Tapi kalau tidak mendapat H1 visa, setelah masa OPT habis, kita harus kembali ke Indonesia, atau melanjutkan studi sehingga tetap menjadi penghuni legal di US dengan memakai Visa F1.

Semoga berguna deh!

Lisa, Vidia, Gede

1 comments:

...Vicky... said...

cuma tambahan opini buat nomor 5.

community college memang lebih murah dan kelasnya lebih kecil2 (ga terlalu overwhelming juga).

Tapi, di uni lebih banyak opportunity macem2, volunteers, organizations, internships, special programs, dll dll. Dan juga, kelas banyak pre-requisites. banyak, yg spend 2 tahun di community college trus harus stay more than 2 years di uni karena kepepet pre-reqs.

Menurut saya, kalo mau di community college it's best to know which uni you want to go to and which program / major you want to take. And plan in advance your classes. Sometimes you might want to transfer early like in 3 semesters / less. It also helps you make sure that all the classes you're taking will be transferable (dan ga sia2).